HTML Close Window Code from Quackit.com

Jumat, 06 Januari 2012

Pos TNI Angkatan Laut Fakfak Direncanakan Naik Kelas

Kelas Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Fakfak, direncanakan naik menjadi Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal). Dengan rencana ini, maka Posal yang selama ini bermarkas di darat, yakni di daerah Wagom, nantinya akan bermarkas dengan “habitat” aslinya, yakni di pantai.

Rencana peningkatan kelas ini, setidaknya tergambar dari rencana kunjungan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Dan Lantamal) XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Bambang Soemardjono, yang dijadwalkan mengunjungi Fakfak pada akhir Januari atau awal Pebruari tahun ini.
Dalam kunjungan ini, Jenderal bintang satu marinir tersebut, juga akan meninjau lokasi rencana pembangunan Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal), yang direncanakan di dua titik, yakni di sebelah timur Pertamina di Kampung Sekru dan di daerah Tanjung Porum (Tanjung Udang) Kampung Kiat, Distrik Fakfak Barat.

Komandan Pos TNI Angkatan Laut Fakfak, Letda Laut (P)Ngadiman menjelaskan bahwa kedua lokasi tersebut cocok untuk pendirian Mako Lanal Fakfak.
“Kedalaman air lautnya antara 16 sampai 55 meter, sehingga baik untuk sandar kapal TNI AL. Apalagi jarak kedua lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari Kota Fakfak. Kalau di Kampung Sekru, rencana Mako dekat dengan sumber air tawar peninggalan Belanda. Sedangkan di Kiat, dekat dengan lokasi rencana pembangunan dermaga fery dan peti kemas.” Ujar Letda Ngadiman, yang asli Jogjakarta ini.
Menurut Ngadiman, peningkatan kelas Pomal menjadi Lanal sudah semestinya dilakukan, guna mengantisipasi ancaman keamanan di laut.
“Untuk di daerah Fakfak dan sekitarnya, keberadaan Lanal akan sangat strategis. Utamanya untuk menjaga keamanan teritorial kelautan,” kata Ngadiman. “Nantinya, kelengkapan Lanal antara lain adanya kapal patrol TNI AL. sedangkan komandannya bisa berpangkat Letkol atau Kolonel.” Lanjut Bapak satu putra ini.
Dengan keberadaan Lanal ini, diharapkan pengamanan laut baik dari gangguan asing yang akan merongrong kedaulatan NKRI, maupun kejahatan di laut (lokalan) seperti penyelundupan BBM dan miras, dapat ditekan. (wah).


Sumber : Fakfakinfo.com

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Post

LABELS & RECENT POST

Loading...

FB Fan Page